hallo lagi blog..

Hay blog.. long time no see.. udah 3 tahun ga ngisi blog ini..wkwk, sampai lupa password dan cara ngisinya gmn.. okelah mumpung kerjaan lagi lowong, bingung mau ngapain, yaudah qta kembali lagi ke blog..hyukkk..

  • ada cerita update apa aja sih dari 3 tahun ini? buanyak banget.. haha mungkin kejadian besarnya sampai sekarang : ada aya yang udah 3 tahun. mamam yg udah pindah kerja (karena dipindahkan secara takdir). dan aya yang udah mau punya adek lagi (alhamdulillah debay ke-2 udah 5 bulan loh). So, sekarang mau ngisi blog dengan apa? mmm.. mungkin mau mindahin posting menu-menu MPASI di instagram ke blog ini dulu kali yaa.. *kalo lagi luang n ga malas, kayanya bermanfaat buat buka2 ntar pas debay udah mau siap MPASI lagi..
  • udah dulu ah..rasanya pengen pulaaang ajaa.. main sama ayaa.. ūüėÄ
IMG_20161026_144052_HDR.jpg

Selamat siang dari pojok meja kekinian.. ūüėÄ

Sweet child of Mine (3)

Alhamdulillah ya Allah semua rasanya masih seperti mimpi,,,9 bulan anugerah yang paling menakjubkan berasa cepat sekali..

akhirnya inilah waktu yang paling tepat untuk debay melihat dunia, satu lagi anugerah yang paling indah dari Allah di Tahun 2013 ini,

Welcoming you, little one,,kanaya aisha putri lubis (3,7 kg;52,5 cm), lahir di MRCC SIloam Semanggi-Jakarta, 10 September 2013,

“ayaaaaa”…shalehah, cerdas, sehat, dan ceria selalu ya nakk…

Image

sweet child of mine… (1)

alhamdulillah…

yap2, satu kata penuh syukur, sujud syukur di tahun 2013 ini… ūüėÄ

tahun 2013 ini mudah2an jadi tahun terbaik..gimana nggak? soalnya ada debayyyy… xixixi..

siapa sih debay??? XD

cerita punya ceritaa…

kalo nengok masa 2 tahun silam, sebut saja ikhtiar akhir tahun 2011, dimana waktu itu harus mengalami kuretase, karena keguguran.. hiks.. lalu laluuu akhir 2012, masih harus mengalami laparoskopi pengangkatan  endometriosis,

alhamdulillah, meski rahim ini udah diacak2 kesannya, hihi.. tapi awal tahun ini,,, taraammm hasil USG menunjukkan bahwa ada debay di dalam rahim ini… hihihi ¬†ūüėÄ

hal ini nunjukin buat moms to be yang udah pernah di kuretase krn keguguran atau yang punya endometriosis, suka sakit perut kalo kedatangan ‘bulan’, terus sampai harus di laparoskopi, aku ngerti ngerti ngerti ngerti banget,, gmn rasanya ‘kehilangan’, konon katanya itu artinya kita spesial, dikasih pengelaman yang ‘seperti’ itu… ¬†*angkat kacamata item, berasa keren*

tapi dengan doa+semangat positif, dan usahakan sambil santai aja yaa..

karena ternyata kita masih bisa hamil dengan normal kok.. InsyaAllah..

yey! semangat2 yaa .. ūüôā

oke, balik lagi ke debay , siapa sih debay??? :p

sebut saja namanya debay.. kalo suka liat2 ke milis bunda ato kehamilan, pastinya ngga asing kan dengan singkatan ini,, panggilan debay sebenernya cuma menyingkat aja, asal kata debay nya = dede + bayi.. imut kaann??… ‚̧

btw, apa kabar sekarang debay di perut mamam yaa???hihi ¬†lihat foto2 nya yukkk…

debay 14 weeks

debay 14 weeks

debay 18 weeks

debay 18 weeks

usia debay sekarang udah  5 bulan lohh,,, tepatnya udah 20 minggu..

debay.. sehat2 terus yaa di perut mamam..

mamam papap sayang debay.. ¬†ūüėÄ

Laparoskopi Endometriosis

Setelah kuretase, pasca keguguran pada kehamilan yang pertama di akhir Agustus 2011.

beberapa bulan kemudian, mulailah saya dihantui kembali oleh gejala-gejala penyakit lama, yaitu krammm peruttt.. ūüė¶

Zzzz, iya sejak kelas 2 tingkat SLTP, dlm setiap bulan-nya, gejala nyeri hebat (ini ngga lebay loh,, suerr!!! >.<) berasa mau pingsan, udah jd langganan bulanan. ‘Rasa’ ¬†itu terus berlangsung hingga tingkat SMA, bahkan hingga bangku kuliah malah plus juga saat sudah kerja.

Emang apasih Efeknyaa? buanyak pemirsa… semisal jadi ngga bisa ikut ujian UTS saat kuliah, (untung dosennya baik, ngadain ujian susulan.. :D), acara wisata liburan keluarga yang tiba2 berantakan gara2 si eneng ini minta pulang pas baru aja nyampe di lokasi, sampe2 ga bisa ikut acara penting saat dinas luar kota, udah pernah dilewatin semua.. semua nya karena itu,, karena rasa yang cuma dirasakan wanita ituu, yang tapi ternyata ga semua wanita dapet, yahh,, mungkin ini cobaan spesial untuk wanita2 spesial kali yahh *hosh, ngga keren kok iniiii*,, yaa itu diaa.. keraammm perut *edisi curhat*

tentang durasi kram perut ini, beda2 buat si penderita, biasanya kejatuhan di hari pertama ato kedua, kalo kejadian sama saya,  awalnya bisa 1-3 jam, lalu lemas, perlahan2 kuat, dan beberapa menit kemudian, sehat bugar kembali, kayak ngga knapa2..tapi kadang bisa juga sampe tingkat durasi 1-2 hari buat menuju kebugarannya kembali.

***

karena gejala2 yang mengganggu ini,biasanya si penderita tentu ¬†tidak tinggal diam, pastinya konsultasi periksa ke dokter (bagusnya diperiksakan pas lagi kejadian yaa..), usaha biar ga sakit lagi bulan depannya, meskipun kadang ¬†tiap dokter yang dikunjungi, selalu mengatakan hal yang sama, sabar-sabar dulu aja yaa.. karena biasanya, dokter yang kurang perhatian, bakal komentar2 yang agak ‘unik’ kayak gini :

dr A : gapapa, santai aja, ini karena kurang olahraga, kakak saya tiap datang bulan suka sakit perut hingga pingsan-pingsan.. —> gubrak!

dr B, C, D, E : gapapa, kram perut saat datang bulan ini, akan hilang kalo kamu udah menikah nanti ntar.. —-> zzzz

kalo dipikir-pikir sekarang, mungkin bukan karena dokter2 tadi kurang perhatian, tapi, memang mungkin kemungkinan sembuh karena ‘metamorfosa’ rahim,, *tsaahh,, atau ‘treatment’ yang mungkin dilakukan untuk penyakit wanita *jadi tampak seram,emang serem, ngga banget! >.< * ini, baiknya dilakukan setelah seorang wanita melalui pernikahan.. Untuk gadis yang belum menikah, teratment ter-okenya mungkin memang obat penahan sakit sama pola makan hidup sehat aja.

***

dan *lanjut ke perjalanan hidup.. *taraaammm,

saya pun menikah pada Juni 2011, benar juga kram perut itu hilanggggg lohh, ternyata  eh ternyata, yaiya lah, ini mungkin, karena saya setelah menikah, bulan depannya, langsung positif dinyatakan hamil, inilah yang menyisihkan rasa kram perut ituuu.. namun berakhir keguguran di akhir Agustus 2011..  sedihnya.. T.T

setelah kuretase, kondisi rahim ini tetap aman dari kram perut selama kurang lebih 3 bulan, namun setelah itu rasa nyeri kembali, bahkan hingga pendarahan luar biasa, alhasil pontang-pantinglah saya dan ¬†suami cari dokter untuk ‘tanya kenapa’.. heuheu

dan, taraam, hingga pada Mei 2012, dari info dokter yang kami datangi, memvonis keberadaan endometriosis ¬†di dalam rahim saya, namun untuk lebih memastikan, dokter pun menyarankan kami untuk melakukan berbagai test laboraturium, karena indikasi pernah keguguran dan pendarahan. Menutut dokter, ¬†indikasi ¬†sesuatu yang menyebabkan ‘keguguran berulang’ itu dapat berupa endometriosis, infeksi TORCH, dsb.

Lalu, sesuai dengan anjuran dokter, Test Laboraturium pun dilakukan: test TORCH, ACA, dsb. Hasil uji test ini dapat langsung diketahui setelah 1 minggu, semua dengan metode uji test darah.

Setelah hasil uji laboraturium keluar, kami pun kembali melapor lagi ke dokter,  dan ternyata dapat dipastikan bahwa memang ada endometriosis sebesar 3,8 cm di dalam rahim saya, yang sebaiknya diangkat, agar rahim tidak kram lagi, dan tidak mengganggu proses kehamilan. Tapi dokter tetap menyerahkan segala keputusan kepada kami.

Akhirnya diputuskan lah untuk ambil langkah operasi, pada Bulan Agustus 2012, saya pun bertekad untuk mengakhiri penderitaan iniiiiii…. *mulai lebay* kan namanya juga ikhtiar, penyakit ini harus disembuhkan..Yess!! *apasih*

btw, Apasih laparoskopi  itu??

Laparoskopi adalah teknik bedah invasif minimal yang menggunakan alat-alat berdiameter kecil untuk menggantikan tangan dokter bedah melakukan prosedur bedah di dalam rongga perut. Kamera mini digunakan dengan terlebih dahulu dimasukkan gas untuk membuat jarak pemisah antara rongga sehingga dapat terlihat dengan jelas. Dokter bedah melakukan pembedahan dengan melihat layar monitor dan mengoperasikan alat-alat tersebut dengan kedua tangannya.Pada bidang ginekologi (kesehatan organ reproduksi wanita),  kondisi yang dapat ditangani dengan teknik laparoskopi antara lain mioma uteri, tumor ovarium, nyeri haid, endometriosis, adenomiosis, infertilitas, sterilisasi tuba, pelengketan saluran tuba, pelengketan organ genitalia, kehamilan di luar kandungan, pengangkatan rahim atau ovarian drilling.Keuntungan teknik laparoskopi antara lain, kerusakan jaringan lebih ringan, nyeri pasca operasi lebih ringan, lama perawatan lebih singkat, resiko infeksi lebih kecil, sisi kosmetik lebih baik karena sayatan yang minimal, serta masa recovery yang lebih cepat.

(kutipan http://www.kemangmedicalcare.com/kmc-tips/tips-dewasa/955-laparoskopi.html)

Nah kalo Endometriosis itu apa juga sih??

kalo kata wikipedia, gini nih..

Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain. 

Jadi udah kebayang lah yaa.. apa itu Laparoskopi Endometriosis itu,,

lanjut ke curhat,,

Setelah lapor ke dokter, prosedur standar operasi pun dijalankan, uji lab jantung, rontgen, tes darah dsb, sbg standar prosedur pra-opersasi, alhamdulillah normal semua, baik ¬†untuk persiapan laparoskopi. Dan pada 16 Agustus 2012, laparoskopi-pun dijalankan…

Setelah bermalam selama 1 malam di RS untuk persiapan, sesuai jadwal, esok harinya pukul 6 pagi saya sudah harus berada di kamar operasi, dan dokter2 yg akan tindakanpun terlihat  sangat professional, beliau2 sudah menanti dengan senyum manisnya, dokter bedah obgyn, dokter anestesi, juga beberapa perawat baik hati, hebat.. mereka udah stand by semua loh di Ruang Operasi.. *profesional*

Laparoskopi ini berlangsung selama 2,5 jam, jam stengah9 saya sudah dikeluarkan dari ruang operasi, dan baru sadar setengah jam kemudian. Obat Biusnya mantapp, di bagian rahim ga berasa apa-apa,, tapi efek obat bius masih berasa, menggigilll!! dingiiiinnn.. plus lemas ¬†hingga sore hari, karena anjuran dokter untuk tidak diberi makan atau minum dulu…hosh.. hosh..

gini nih penampakan saat laparoskopi :

sebelum LO

saat2 “pengangkatan” dengan metode laparoskopi (1)

saat2 "pengangkatan" dengan metode LO (1)

saat2 “pengangkatan” dengan metode laparoskopi (2)

saat2 pengangkatan dengan metode LO (3)

saat2 pengangkatan dengan metode laparoskopi (3)

Tapi benar juga, berdasarkan beberapa artikel, dokter dan pengalaman orang2 yang sudah melalui laparoskopi ini, jika dibandingkan dengan kuretase, atau dengan pembedahan langsung, melalui metode Laparoskopi ini,  setelah 3 hari dirawat di rumah sakit + istirahat 1 minggu di rumah, masa penyembuhan efek dari operasi nya akan cepat sekalii..aktivitas harian seperti kembali ke kantor pun sudah bisa dimulai lagi.

Syukur pada Allah, dalam menjalani semua treatment ini, saya ditemani suami yang sangat sabar & telaten menemani, selalu menjaga dan memberikan semangat, orangtua (mimih dan bapak) yang juga menemani saat2 bermalam di RS, mana saat itu beberapa hari menuju Lebaran, dan teman-teman yang sempat menengok.. mengharukan, *mellow* hikshiks, Alhamdulillah, semua nya berjalan dengan lancar.. ūüėÄ

tapi jangan khawatir yaa.. untuk semua wanita cantik yang punya endometriosis, qta masih bisa hamil normal kok,, semangatt!!! ūüôā

tapi yang perlu diingat, pesan dokter, pola hidup sehat harus dijaga yaa… untuk anda para gadis, para ibu, dan seluruh keluarga yang punya anak perempuan, sejak dini, jangan dibiasakan terlalu sering makan mie instan yaa, plus ¬†perhatikan makanan jajanan2 yang dikonsumsi di ‘luar’ rumah, juga hindari makanan yang ber-MSG karena konon katanya dapat memicu perkembangan (karsinogenik) endometriosis ini..

oke oke.. all moms to be..semangat2 selalu yaah.. ūüėÄ

Sementara

Selasa, 11 Desember 2012

tetiba terpikirkan kata-kata dalam Busway, sekitaran 2 tahun yang lalu..

you are stronger than you think!!!!

Emang secara teorinya. ketika sedang pada titik bawah rasa lelah dalam kasus apa saja, yang harus kita pikirkan seharusnya memang bahwa, kita lebih kuat dari pada yang kita kira, sehingga kita akan menjadi lebih kuat dan lebih kuat lagi…lagilagi ini teori yang sulit dipraktekan

Tapi ngga ada salahnya kok kalo kita rehat dulu, beberapa menit untuk melamun eh merenung mungkin,, dan sedikit flashback dari apa saja yang telah kita lalui di masa lampau mungkin,,cermati lagi dosa-dosa kita dulu mungkin, atau minta maaf jika masi memungkinkan akan kesalahan2 yang telah kita lakukan, sampai menemukan sebuah titik damai, hingga akhirnya kita bisa berkesimpulan bahwa ada satu milyar alasan lagi, yang harus membuat kita lebih bersyukur dibanding dengan satu keluh kesah rasa lelah kita.. #Kaos Joger

hoshh,,

Sementara..
Percayalah hati, lebih dari ini pernah kita lalui..
Tak akan lagi kita mesti jauh melangkah..
Nikmatilah lara
untuk sementara

#Sementara-Float

Lukisan Damai – Pelukis Jalanan Bali

hey Whats’up BLOG??

Senin, 10 Desember 2012

wadaww.. ngga kerasa sudah di hampir di penghujung tahun 2012.. time is running out so fast yakk..

How’s life???!! hehe.. semoga kita selalu ada dalam pelukan dan lindungan-Nya, yaa. amin!!! ;’)

sudah lama sekali ga update blog ini,, padahal sebetulnya banyak hal yang bisa jadi bahan cerita di blog.. tapi mungkin waktunya masih belum pas.. ntar lagi aja yah.. satu persatu kita kupas tuntas.. (apa sih?!)

Good Morning.. Have a nice and (always) blessing Days.. Bismillah..

Selamat Pagi dari Pojok Meja